Sunday, August 14, 2016

Penyebab Penyakit Diabetes

Penyebab Penyakit Diabetes, Penyakit diabetes merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh setiap orang. Namun, terkedang kita lalai untuk mengetahui penyebab sebenarnya dari penyakit diabetes ini yang tentunya ini tidak kita duga sebelumnya. Penyakit diabetes merupakan penyakit yang disebabkan oleh meningkatnya kadar gula dalam darah. Selain itu, penyakit diabetes tidak pandang usia baik itu kalangan muda maupun kalangan tua. 
Penyebab Penyakit Diabetes

Ada beberapa hal yang menjadi faktor penyebab penyakit diabetes antara laun faktor keturunan, stres, tingginya berat badan dan lain sebagainya. Namun, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang penyebab penyakit diabetes yang sering kita abaikan dan menjadi kebiasaan kita sehari-hari antara lain :

Penyebab Penyakit Diabetes

1. Selalu melewatkan Sarapan
Kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan penyakit diabetes adalah selalu melewatkan sarapan di pagi hari. Mengapa demikian? Dengan seseorang melewatkan sarapan kadar gula darah di dalam tubuhnya dapat menurun. Sehingga penurunan gula darah inilah yang akan membuat anda mencara makanan manis pada waktu makan siang ataupun setelahnya. Sehingga dengan mengkonsumsi makanan manis akan berpengaruh buruk pada kesehatan tubuh anda serta dapat meningkatkan kadar gula darah yang menjadi salah satu penyebab penyakit diabetes.

2. Mengkonsumsi makanan manis secara berlebihan
Makanan yang mengandung kadar gula atau glukosa memang sangat berguna untuk menambah tenaga bagi tubuh seseorang. Namun, jika mengkonsumsi makanan yang mengandung gula secara berlebihan tentunya akan berpengaruh buruk bagi tubuh, karena dapat meningkatkan kadar gula dalam darah. Sehingga akan sangat berisiko tinggi seseorang yang mengkonsumsi makanan manis secara berlebihan untuk terkena penyakit diabetes.

3. Makan Berlebihan
Segala sesuatu yang berlebihan itu memiliki efek yang buruk, dan itu juga berperan penting pada seseorang berisiko tinggi terkena penyakit diabetes akibat makan dalam jumlah yang banyak atau berlebihan. Karena dalam mengkonsumsi makanan yang berlebihan mengandung kolesterol tinggi yang dapat mengganggu kinerja jantung bahkan menyebabkan penyakit diabetes.

4. Jarang Berolahraga
Jarang berolahraga juga menjadi salah satu penyebab penyakit diabetes, apalagi jika seseorang memiliki berat badan yang tinggi. Ini sangat berpengaruh untuk bisa membakar kolesterol jahat didalam tubuhnya guna menghindari penumpukan kolesterol yang bisa mengakibatkan penyakit jantung maupun diabetes.

5. Sering mengkonsumsi makanan cepat saji
Sering mengkonsumsi makanan cepat saji ternyata memiliki dampak buruk terhadap kesehatan tubuh, terlebih lagi makanan yang mengandung kadar kolesterol yang tinggi. Ini sangat berisiko tinggi untuk meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh yang berakibat pada diabetes.

6. Minuman bersoda
Dari hasil penelitian, minuman bersoda mengandung pemanis buatan, sehingga jika seseorang mengkonsumsi minuman bersoda dapat membuat berat badan berlebih dan tentunya ini menhadi salah satu resiko tinggi untuk terserang penyakit diabetes.

7. Merokok
Selain rokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, dan lain sebagainya. Ternyata seorang perokok juga sangat berisiko tinggi untuk terkena penyakit diabetes. Dari hasil penelitian yang dilakukan di Amerika dengan melibatkan 5.572 relawan pria dan wanita menunjukkan bahwa rokok dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami diabetes hingga 22 persen.

8. Kurang Tidur
Memiliki kebiasaan kurang tidur juga berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. Karena Hasil riset yang dilakukan para ahli daru Universitas of Chicago mengungkapkan bahwa kurang tidur selama 3 hari menyebabkan kemampuan tubuh memproses glukosa akan menurun drastis. Akibatnya, hal ini pun dapat meningkatkan resiko penyakit diabetes.

Simak Juga : Makanan Untuk Penderita Diabetes Yang Baik Dan Buruk

Nah, itulah beberapa penyebab penyakit diabetes yang harus kita waspadai, setidaknya kita memiliki pengetahuan untuk mencegah penyakit diabetes.

Baca Juga : 

loading...

Penyebab Penyakit Diabetes Rating: 4.5 Diposkan Oleh: OMasak

0 comments:

Post a Comment