Wednesday, June 29, 2016

Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat Dan Alami

Cara menurunkan berat badan dengan cepat dan alami, salah satu kuncinya adalah dengan melakukan diet dan olahraga secara rutin. Selain itu, adal beberapa hal yang berperan penting dalam proses menurunkan berat badan seperti metabolisme, karbohidrat, lemak dan bakteri.

Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat Dan Alami
Berbagai studi ditemukan bahwa mereka memiliki bakteri sehat didalam usus untuk bisa membakar kalori lebih banyak di malam hari tanpa harus menguras waktu untuk berolahraga, diet yang ketat dan lain sebagainya.

Studi ini dilakukan oleh University of Lowa di Amerika Serikat dan menjelaskan jika bakteri didalam usus tidak sehat maka hal tersebut akan menyebabkan berat badan mudah bertambah.

Maka, agar bakteri di dalam usus bekerja dengan maksimal, kita dianjurkan untuk melakukan kebiasaan sehat berikut ini.

Memperhatikan kebiasaan makan malam

Memperhatikan kebiasaan makan malam sebelum jam 7 malam. Dan disarankan untuk menambahkan menu makan anda dengan daging. Karena daging dianggap sebagai salah satu makanan yang dapat membuat tidur seseorang lebih baik sehingga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi pada saat malam.

Tapi jangan makan terlalu banyak, karena makan yang berlebihan dapat mengganggu tidur anda sehingga tidak nyenyak.

Selain itu, makan yang berlebihan pada malam hari akan tersimpan dengan sendirinya dalam bentuk lemak, dan ini malah menjadi kendala bagi anda untuk menurunkan berat badan.

Kebanyakan orang-orang tidak memperhatikan kebiasaan makan malamnya. Terlebih lagi, kebanyakan diantara mereka tidak memperdulikan apapun menu dan waktunya.

Agar anda bisa menurunkan berat badan dan ingin menjaga agar bakteri tetap sehat, ada baiknya anda makan lebih awal misalnya sebelum jam 7 malam.

Perbanyak konsumsi protein

Daging adalah sumber protein yang paling cepat diserap tubuh. Selain daging makanan lain yang bisa menjadi sumber protein antara lain : beras merah, bayam, kacang kedelai, kacang hijau. kentang, brokoli, ikan tuna dan susu rendah lemak juga kaya akan protein.

Mengkonsumsi protein pada malam hari sebelum tidur dapat membantu meningkatkan metabolisme di dalam tubuh kita. Jadi, tidak ada salahnya jika anda ngemil beberapa jenis kacang-kacangan agar mendapatkan asupan protein, sehingga usus menjadi lebih sehat karena pencernaan lancar.

Baca Juga :

Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat Dan Alami

Selain menjaga agar bakteri didalam usus tetap sehat, kita perlu mengembangkan beberapa kebiasaan yang dapat membantu menurunkan berat badan, antara lain :

1. Perbanyak minum air putih
Minum air putih setidaknya 8 hari sehari dapat membantu anda untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Minum satu atau dua gelas sebelum makan juga dapat membantu menekan nafsu makan sehingga tidak akan makan dalam jumlah yang berlebihan. Dan dengan minum air putih dapat membantu membakar kalori sebanyak 24 - 30 persen 1 jam setelah minum.

Sehingga berat badan anda akan lebih mudah untuk turun, tetapi perlu dicermati bahwa jangan makan terlalu banyak dan dianjurkan untuk memilih makanan yang kaya akan gizi dan mineral.

Coba untuk menghindari makanan yang memiliki kandungan karbohidrat sederhana, dengan menggantinya dengan makanan yang memiliki karbohidrat kompleks.

Beberapa makanan yang memiliki kandungan karbohidrat kompleks antara lain : jagung, kentang, apel, beras merah, brokoli, dan berbagai jenis sayur-sayuran.

2. Berolahraga secara rutin
Olahraga seperti berlari, berenang, aerobik dan masih banyak lagi jenis olahraga lainnya yang bisa bermanfaar untuk membakar lemak. 

Berolahraga minimal 5 jam dalam seminggu akan membantu anda untuk menjaga berat badan ideal dengan diimbangi diet sehat.

Salah satu jenis olahraga yang paling mudah dan cepat membakar lemaj adalah cardio, salah satu olahraga cardio adalah berlari.

3. Menerapkan Pola Hidup sehat
Menerapkan pola hidup sehat adalah rahasia dibalik menurunkan berat badan secara cepat tanpa harus berupaya keras. Berikut ini beberapa pola hidup sehat yang bisa anda terapkan untuk menurunkan berat badan secara alami tanpa diet.

4. Tidur lebih awal dan lebih nyenyak
Begadang atau sering terlambat tidur pada malam hari dapat menyebabkan kita sering merasa lapar di malam hari sehingga cenderung untuk mengkonsumsi makanan dan ini merupakan awal mengapa tubuh kita mudah menjadi gemuk.

Agar tidak merasa kelaparan pada malam hari, alangkah lebih baik jika anda tidur lebih awal misalnya pukul 21.00 atau paling lambat pukul 22.00. Tujuan dari tidur lebih awal, yakni menjaga tubuh tetap sehat dan berat badan tidak bertambah.

Penelitian pun mengatakan bahwa tidur nyenyak bisa membantu kita menekan rasa lapar dan sebaliknya jika kita kurang tidur di malam hari cenderung mudah stres dan makan berlebihan.

5. Hindari Junk food
Junk food merupakan makanan yang memiliki kadar kalori yang sangat tinggi, tapi rendah gizi. Jadi bagi anda hindari jenis makanan yang satu ini.

6. Rutin Sarapan
Tahukah anda bahwa salah satu penyebab mengapa berat badan naik? Anda pasti tidak mengira sebelumnya bahwa tidak suka sarapan akan membuat berat badan anda cepat naik. Karena pada siang hari biasanya kita akan sangat lapar sehingga makan terlalu banyak. Dampaknya kondisi tubuh terasa lemas karena ngantuk dan lemak dalam tubuhpun akan bertambah.

7. Kurangi terlalu banyak duduk
Jika anda memiliki aktivitas yang notabene banyak duduk seperti duduk di kantor atau nonton TV, maka mulailah membiasakan diri untuk bergerak dan berjalan-jalan setiap 1 sam sekali.

Jadi, pola hidup yang sehat dan ideal berdampak pada kondisi tubuh anda dan sekarang anda bisa mengetahui faktor yang bisa menyebabkan turun naiknya berat badan.

Baca Juga : Cara Diet Military Cepat : 3 Hari Turun 10kg

Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat Dan Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Landongku