Friday, June 24, 2016

Penyebab Penyakit Stroke dan Cara Pencegahannya


Selamat pagi dan semoga anda dalam keadaan sehat, dan mudah-mudahan artikel yang berjudul Penyebab Penyakit Stroke dan Cara Pencegahannya ini bisa membantu anda untuk lebih waspada akan Penyebab Penyakit Stroke, dan tak hanya itu Landongku juga akan memberikan solusi bagi anda untuk mengetahui cara Mencegahnya.

Penyakit Stroke adalah salah satu penyakit yang sangat berbahaya dan di Indonesia penderita penyakit ini semakin meingkat dari Tahun ke tahun. Penyakit Stroke merupakan penyakir pembuluh darah otaj yang ditandai dengan reaksi pada jaringan otak akibat adanya penyumbatan, penyempitan atau pecahnya pembuluh darah pada otak. Sehingga membuat pasokan darah dan oksigen menuju otak menjadi berkurang dan menimbulkan kerusakan atau matinya sel saraf otak.

Selain itu, penyakit stroke adalah penyakit yang sangat berbahaya, karena bisa menyebabkan penderita mengalami kelumpuhan pada bagian tubuh bahkan kematian.
Penyebab Penyakit Stroke dan Cara Pencegahannya
Penyebab Penyakit Stroke dan Cara Pencegahannya

Kebanyakan penderita yang dapat diselamatkan pun, biasanya mengalami gangguan kelumpuhan di sebagian anggota badannya, hilangnya ingatan dan kemampuan untuk berbicara menjadi sulit. Stroke sendiri memiliki dua jenis yakni Stroke Iskemik dan Stroke Hemorragik.

1. Stroke Iskemik
Stroke Iskemik merupakan stroke yang terjadi ketika darah yang menuju ke otak terhenti yang disebabkan oleh menumpuknya kolesterol pada dinding pembuluh darah.

2. Stroke Hemorragik
Stroke Hemorragik merupakan pembuluh darah yang pecah, sehingga menyebabkan aliran darah menjadi tidak normal dan membuat darah merembet pada daerah bagian otak.

Penyebab Penyakit Stroke yang Wajib diketahui

Penyakit Stroke disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya faktor resiko perilaku dan resiko medis. Faktor resiko medis yang dapat memperparah penyakit stroke adalah hipertensi, kolesterol, arteriosklerosis, gangguan jantung seperti Jantung Koroner, Jantung Bengkak, Jantung Lemah dan lainnya termasuk faktor keturunan dan migren. Namun yang sangat beresiko memperparah kondisi penyakit stroke adalah Hipertensi dan arteriosklerosis.

Adapun faktor resiko perilaku yang dapat menyebabkan penyakit stroke adalah pola makan dan gaya hidup yang kurang sehat. Seperti kebiasaan merokok, minum alkohol dan sering mengkonsumsi makanan cepat saji alias instan. Selain itu, kurangnya berolahraga juga dapat menjadi resiko penyebab penyakit stroke, apalagi jika suasana hati sedang tidak nyaman.

Cara Mencegah Penyakit Stroke

Penyakit Stroke memang identik dengan penyakit orang tua, tapi tidak menutup kemungkinan untuk menyerang bagi siapa saja dan tanpa mengenal usia sekalipun. Hal ini dikarenakan faktor resiko perilaku yang tidak terkendali. Nah, bagi anda yang ingin mengurangi resiko penyakit Stroke bisa simak Cara mencegah penyakit stroke berikut ini.

Rutin memeriksa tekanan darah anda
Karena cara ini merupakan bagian vital untuk pencegahan penyakit Stroke. Dengan melakukan pemeriksaan darah secara rutin, kita dapat memantau apakah tekanan darah kita Normal atau Tinggi. Jika tekanan darah tinggi kita bisa usahakan untuk menurunkannya.

Berhenti Merokok
Menurut penelitian 33 persen merokok dapat menyebabkan penyakit stroke, karena besar kemungkinan resiko terkena penyakit Stroke ini adalah orang yang suka merokok. Maka dari itu, sayangi tubuh kita dengan memulai menghilangkan kebiasaan tersebut agar mendaoatkan kondisi badan yang sehat.

Berolahraga
Salah satu yang mudah dan gratis untuk dapat anda jalani secara rutin untuk mencegah resiko penyakit Stroke.

Mengkonsumsi makanan sehat
Makanan merupakan faktor penting dalam kehidupan sehari-hari. Sebaiknya anda menjaga asupan makanan agar bisa mendapatkan kondisi tubuh yang sehat dan mencegah resiko terkena penyakit Stroke. Adapun beberapa  faktor resiko penyumbatan pembuluh darah yang mengakibatkan stroke.

Faktor  Risiko Penyumbatan Pembuluh Darah Akibat Stroke


Kolesterol

Memiliki kadar kolesterol tinggi merupakan pemicu utama seseorang terserang penyakit stroke. Umumnya ada beberapa cara menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, seperti mengonsumsi buah dan sayur, minum air putih dan hindari mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh. Dan rutinlah mengecek kadar kolesterol minimal lima tahun sekali.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi

Hipertensi yang tidak diatasi dengan baik juga sangat buruk bagi kesehatan tubuh. menjauhi rokok, mempertahankan pola hidup sehat, rutin olahraga serta menjauhi makanan kaya lemak jenuh sangat efektif untuk mencegah penyakit ini. Pastikan Anda menanyakan kepada dokter Anda mengenai efek samping dari obat yang akan dikonsumsi, serta minum obat-obatan sesuai dengan resep dokter. Dan rutinlah untuk mengecek tekanan darah anda, guna menjaga dan mengurangi resiko terkena penyakit stroke.

Baca : Inilah Tanaman Obat Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Alkohol

Narkotika merupakan salah satu penyebab tingginya resiko seseorang untuk terkena penyakit Stroke. Oleh karena itu sebaiknya Anda menghindari narkotika, termasuk alkohol. Selain mengkonsumsi alkohol itu dilarang oleh agama, penggunaan alkohol yang berlebihan dapat menimbulkan kematian.

Kurang Berolahraga

Tak hanya stroke saja, kurang berolahraga juga dapat menyebabkan penyakit berbahaya lainnya, seperti diabestes, jantung dan lainnya. Berolahragalah minimal 30 menit sehari. Jika pergi ke kantor, Anda bisa menggunakan tangga dibandingkan naik lift dan perbanyak aktivitas fisik dalam ruangan.

Rokok

Jika anda pecandu rokok, mulai berhenti melakukan kebiasaan buruk ini sekarang juga! Karena rokok juga merupakan faktor yang menyebabkan seseorang mengalami stroke. Karena tak hanya dapat menurunkan resiko terkena stroke, berhenti merokok juga dapat menurunkan resiko seseorang terkena kanker.

Nah, itulah ulasan singkat seputar Penyebab Penyakit Stroke dan Cara Pencegahannya, mudah-mudahan kita diberikan kesehatan dan terhindar dari penyakit yang satu ini. Dan bagi anda yang kebetulan mengidap penyakit Stroke, alangkah lebih baik jika menghindari kiat-kiat diatas, guna mempercepat penyembuhan penyakit anda.
loading...

Penyebab Penyakit Stroke dan Cara Pencegahannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: OMasak

0 comments:

Post a Comment