Sunday, July 3, 2016

Inilah Penyebab Penyakit Jantung Koroner yang Harus Diwaspadai

Selamat pagi sahabat Landongku, semoga anda sedang dalam keadaan sehat. Aamiin. Pada kesempatan kali ini Landongku akan memberikan ulasan seputar Penyabab penyakit Jantung Koroner yang tentunya ini bukanlah permasalahan yang sepele dan perlu kita perhatikan dengan seksama apa saja yang bisa menyebabkan penyakit Jantung koroner.

Penyakit Jantung merupakan penyakit yang mematikan No. 2 setelah penyakit Kanker, kebanyakan penderita penyakit ini disebabakan akibat efek polusi udara yang banyak menimbulkan suatu pencemaran yang sangat merugikan bagi penduduk khususnya dinegara-negara maju.  

Salah satu dari sekian banyak penyakit Jantung adalah Penyakit Jantung Koroner. Apa itu penyakit Jantung Koroner (PJK)?

Penyakit Jantung Koroner disebut juga arteri koroner adalah penyakit yang terjadi akibat otot jantung tidak mendapatkan pasokan oksigen dari pembuluh darah koroner. Hal ini biasanya terjadi penyempitan pada pembuluh darah koroner yang diakibatkan adanya timbunan lemak/plak yang berlebih.

Akibat Ketidakmampuan Pembuluh darah koroner dalam memasok oksigen pada otot jantung, mengakibatkan kinerja jantung menjadi kurang prima. Selain itu, jika salah satu pembuluh koroner kekurangan dalam hal memasok oksigen akibatnya otot Jantung tidak dapat memompa darah atau berhenti. 

Namun, penyumbatan yang terjadi pada pembuluh koroner ini bervariasi, tergantung jumlah dan banyaknya penyumbatan yang terjadi pada pembuluh koroner tersebut. Adapun beberapa faktor Penyebab seseorang berisiko tinggi untuk terkena penyakit jantung koroner, antara lain :

Inilah Penyebab Penyakit Jantung Koroner Yang Harus Diwaspadai
Inilah Penyebab Penyakit Jantung Koroner yang Harus Diwaspadai

Faktor Genetik/Keturunan
Hal yang banyak ditakuti oleh sebagian orang adalah faktor keturunan, terlebih lagi jika mereka memiliki saudara/keluarga yang terkena jantung koroner, karena Faktor genetik ini lebih beresiko tinggi dibandingkan yang tidak.

Tekanan Darah Tinggi atau Hipertensi
Tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang harus anda waspadai, karena penyakit ini akan berpengaruh pada kerja jantung yang lebih berat dalam hal memompa darah. Sehingg jika jumlah darah dalam keadaan banyak, maka akan berisiko tinggi untuk terkena Jantung Koroner. 

Selain itu, memiliki tekanan darah tinggi juga sangat berisiko untuk terkena penyakit Stroke.

Kebiasaan Merokok
Menurut hasil penelitian resiko yang ditimbulkan oleh kebiasaan merokok ini lebih besar dan berlipat ganda dibandingkan orang yang tidak merokok. Hal ini diakibatkan oleh faktor radikal yang ditimbulkan oleh asap rokok, sehingga bagi para perokok, anda harus berfikir dua kali dalam urusan merokok agar terhindar dari penyakit Jantung koroner yang mematikan ini. 

Dan disarankan untuk beralih dengan kebiasaan lain yang lebih baik dan menguntungkan bagi kesehatan anda.

Kegemukan ( Tingginya berat badan)
Selanjutnya, yang menjadi penyebab penyakit Jantung koroner adalah kegemukan atau obesitas. Mengapa memiliki badan yang gemuk berisiko tinggi terkena penyakit jantung koroner?

Karena orang yang memiliki berat badan yang tinggi, mudah untuk terkena penyakit darah tinggi yang dapat menyebabkan terjadinya Jantung Koroner dan memiliki berat badan yang tidak seimbang ini cenderung memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Dan Inilah cara menurunkan berat badan dengan cepat dan alami.

Kurang beraktifitas khususnya Olahraga
Kurangnya beraktifitas seperti olahraga dapat menimbulkan jantung tidak terlatih, dan membuat badan menjadi kurang sehat. Dan ini sangat berisiko tinggi untuk mengundang tingginya kadar kolesterol yang tinggi didalam tubuh. Selain itu, Olahraga ini sangat penting dilakukan agar jantung kita bisa terlatih dengan baik.

Stress
Tingkat kemarahan dan stress yang tidak terkendali akan mengakibatkan serangan jantung dan menjadi penyebab utama penyakit stroke, maka dari itu sebagai umat beragama kita harus selalu bersabar dan mengendalikan emosi agar tidak mudah terkena penyakit yang berbahaya tersebut.

Tingginya Kadar Kolesterol pada tubuh
Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh, juga dapat memicu terjadinya penyumbatan yang diakibatkan banyaknya timbunan lemak yang membeku dan sulit dalam proses pembuangan. Sehingga bagi anda disarankan untuk mengatur pola hidup sehat salah satunya dengan memperhatikan makanan yang anda konsumsi.


Faktor Usia dan Jenis kelamin
Semakin tua usia pada seseorang, maka semakin tua pula organ dalam tubuh dan kinerjanya akan berkurang. 

Menurut penelitian lebih dari 80% didunia yang meninggal dunia akibat penyakit jantung koroner ini usianya sekitar 60 tahun keatas dan yang paling dominan terjangkit penyakit Jantung Koroner ini adalah pria.

Nah, itulah beberapa Penyebab Penyakit Jantung Koroner yang Harus Diwaspadai, dan mudah-mudahan bermanfaat bagi anda untuk mewaspadai resiko tinggi Penyakit Jantung Koroner.
loading...

Inilah Penyebab Penyakit Jantung Koroner yang Harus Diwaspadai Rating: 4.5 Diposkan Oleh: OMasak

0 comments:

Post a Comment