Tuesday, July 12, 2016

Manfaat Kunyit Untuk Kecantikan Wajah dan Kulit

Manfaat Kunyit Untuk Kecantikan Wajah dan Kulit - Tahukah anda bahwa Kunyit memiliki manfaat untuk kecantikan wajah dan kulit?

Ya, Kunyit merupakan tanaman tradisional sekaligus bahan rempah yang banyak digunakan sejak beratus tahun yang lalu oleh orang Asia baik itu digunakan sebagai rempah untuk masakan maupun sebagai bahan pengobatan secara herbal alami yang terbukti ampuh untuk mengobati penyakit alergi, bisul, muntaber dan penyakit-penyakit lainnya.

Karena Kunyit memiliki berbagai kandungan zat-zat diantaranya zat warna kurkuminoid adalah sebuah senyawa diarilheptanoid 3-4% yang terdiri dari dihidrokurkumin, curcumin, desmetokskurkumin dan bisdesmetokssikurkumin. 

Kunyit mengandung minyak atsiri 2-5%, arabinosa, fruktosa, glukosa, pati, tanin, dammar, dan juga mineral (Sudarsono et.al, 1996) lain. 

Selain itu, kunyit banyak mengandung bahan antiseptik yang dapat melakukan pencegahan pada peradangan jerawat dan juga luka, mengobato gatal dan juga ruam-ruam, dapat memulihkan keruksakan yang terjadi akibat terbakar oleh paparan sinar matahari dan juga dapat mencerahkan wajah sehingga kunyit bisa dimanfaatkan untuk merawat kecantikan.

Manfaat Kunyit Untuk Kecantikan Wajah dan Kulit
Manfaat Kunyit Untuk Kecantikan Wajah dan Kulit

1. Mengatasi Kulit Berminyak

Kunyit ternyata bisa dugunakan untuk mengontrol produksi minyak berlebih dan juga sebum pada pori-pori kulit. Cara untuk membuatnya bisa dengan membuar masker kulit yang terbuat dari campuran dua sendok makan bubuk kunyit dicampur dengan tiga sendok makan air hasil perasan jeruk lemot atau Anda juga bisa menggunakan jeruk nipis yang sudah matang. 

Gunakanlah masker tersebut pada bagian wajah, dan diamkan selama kurang lebih 15 menit kemudian bersihkan wajah dengan menggunakan air hangat hingga bersih.

2. Mengobati dan Mengatasi Jerawat

Kunyit juga bisa digunakan untuk mengatasi jerawat. Caranya mudah yaitu dengan membuat masker wajah yang berbahan kunyit. Cara membuatnya yaitu dengan menggunakan campuran antara tiga sendok makan air hasil perasan kunit dan satu sendok makan bubuk kunyit, kemudian dicampur dengan sedikit madu dan juga yoghurt lalu aduk hingga kental dan menjadi pasta. 

Gunakanlah selama 15 menit dan jangan terlalu lama karena didalam kunyit terdapat zat pewarna yang dapat melekat dengan kuat dan agak sulit untuk dihilangkan. Setelah 15 menit kemudian wajah dicuci dengan air bersih hingga bersih.

3. Menyamarkan kerutan dan mencegah penuaan dini

Proses penuaan dan juga kerutan ternyata bisa diperlambat dengan menggunakan kandungan nutrisi yang berada dalam kunyit. Anda bisa membuat masker yang dibuat dari campuran dua sendok makan bubuk kunyit, satu sendok makan jus tomat, 1 sendok makan, dan satu sendok makan tepung beras. 

Setelah dibuat masker kemudian masker yang tadi telah dibuat dugunakan untuk wajah dan leher, setelah itu biarkan selama 20 menit dan terakhir bersihkan muka dan leher dengan menggunakan air dingin.

4. Mengangkat Sel Kulit Mati

Khasiat kunyit untuk kecantikan selanjutnya yaitu dapat dimanfaatkan untuk mengangkat sel kulit mati. Ini karena kandungan yang ada didalam kunyit dapat melepaskan sel kulit mati dengan lembut tanpa membuat kulit mengalami iritasi. 

Anda bisa menggunakan scrub tubuh yang dibuat dari bubuk kunyit dan tepung chickpea (kacang arab/kacang/garbanzo/gram). Scrub yang telah dibuat ini dapat membuat kulit menjadi lebih cerah dan bercahaya.

5. Mengatasi Pigmentasi

Kunyit memiliki kandungan efek anti-inflamasi dan juga antiseptik yang memiliki khasiat untuk mengatasi pigmentasi pada kulit dan juga dapat menjadikan dingin pada kulit yang terbakar akibat terkena paparan sinar dari matahari. Anda bisa menggunakannya dengan membuat campuran bubuk kunyit dan juga jus timun segar, untuk mengati masalah pigmentasi ini. 

Campuran tadi digunakan selama 20-30 menit dan bila dilakukan secara rutin maka warna kulit akan kembali pada kondisi semula.

Nah, selain Manfaat Kunyit untuk Kecantikan Wajah dan Kulit diatas, masih banyak lagi khasiat pengobatan lain yang bisa membantu anda untuk pencegahan penyakit dan masih banyak khasiat lainnya yang bermanfaat dari tanaman kunyit ini.

Lihat Juga :

Cara Diet Military Cepat : 3 Hari Turun 10kgDiet Oatmeal untuk Menurunkan Berat Badan
loading...

Manfaat Kunyit Untuk Kecantikan Wajah dan Kulit Rating: 4.5 Diposkan Oleh: OMasak

0 comments:

Post a Comment