Saturday, July 23, 2016

Cara Mencegah Osteoporosis Secara Alami

Cara Mencegah Osteoporosis Secara Alami - Anda mungkin sudah sering mendengar tentang osteoporosis kan? Ya, osteoporosis merupakan salah satu masalah pada tulang yang sering diabaikan. Namun, jika tidak dicegah sedini mungkin osteoporosis bisa menjadi masalah kesehatan yang serius di kemudian hari.

Penyakit Osteoporosis merupakan suatu kondisi yang menyebabkan tulang mengalami kehilangan kepadatannya dan kemudian tulang menjadi rapuh. Jika seseorang terkena osteoporosis, maka tulangnya akan rentan patah. Selain itu, beberapa aktivitas fisik juga terganggu.

Penyakit Osteoporosis juga bisa menyebabkan perasaan sakit yang kronis, bahkan pada keadaan terburuk seseorang bisa mengalami kematian.
Cara Mencegah Osteoporosis Secara Alami

Maka dari itu, harus dilakukan pencegahan osteoporosis ini sedini mungkin. Biasanya osteoporosis ini meyerang orang lanjut usia. Nah, pada kesempatan kali ini, Landongku akan mengupas tentang cara mencegah osteoporosis secara alami.

Cara Mencegah Osteoporosis Secara Alami

Berikut beberapa cara alami untuk mencegah penyakit osteoporosis yang bisa anda lakukan dengan mudah.

1. Berolahraga

Olahraga merupakan salah satu faktor penting bagi kesehatan tubuh, khususnya tulang. Salah satu olahraga yang bisa menguatkan tulang adalah olahraga angkat beban. Dimana, angkat beban ini akan membantu tulang dalam melakukan adaptasi dengan berat tubuh anda.

Selain itu, melakukan olehraga angkat beban juga dapat membuat sel pada otot tubuh menjadi padat. Jika olahraga angkat beban ini dilakukan diwaktu muda, besar kemungkinan untuk tidak terkena dan mencegah seseorang tersebut dari pengeroposan tulang di hari tua nanti.

Selain olahraga angkat beban, banyak olahraga lain yang bisa menguatkan tulang anda, seperti berjalan, berjogging dan juga bersepeda yang bisa membuat tulang anda menjadi lebih kuat.

2. Hilangkan Pola Hidup Tidak Sehat

Agar kesehatan tulang tetap terjaga dengan baik, setiap orang sebaiknya menjauhi hal-hal yang tidak sehat seperti merokok. Selain itu, menjaga berat badan ideal pun menjadi dianjurkan, karena memiliki badan terlalu kurus tidak baik untuk tulang dan hal ini akan lebih rentan mengalami pengeroposan tulang.

3. Kenali Faktor Resiko

Setiap orang yang ingin terhindar dari osteoporosis tentunya harus tahu dan mempelajari tentang osteoporosis. Seperti mengetahui beberapa faktor resiko yang umum terjadi yakni menopause yang terjadi di umur yang terlalu dini seperti pada usia 45 tahun kebawah. Selain itu, penggunaan obat-obatan glucoortioids atau penyakit rematik.

4. Cek Kepadatan Tulang

Cara mencegah osteoporosis yang terkahir adalah dengan mengecek kepadatan tulang. karena pada saat seseorang mencapai masa menopause, sebaiknya konsultasikan kepada dokter dengan rutin untuk melakukan pemeriksaan tulang dan mendeteksi kemungkinan keretakan yang terjadi pada tulang.
Orang yang telah didiagnosis mengalami pengeroposan tulang disarankan untuk melaukan perawatan dengan baik sesuai yang disarankan oleh dokter.

Selain melakukan cara diatas, anda juga bisa melengkapinya dengan mencukupi kebituhan Vitamin D dan Kalsium, karena salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tulang adalah kalsium dan Vitamin D juga sangat berperan penting dalam penyerapan kalsum dari makanan yang telah dikonsumsi tubuh.

Anda juga bisa mendapatkan Vitamin D dari sinar matahari pagi, karena dengan mendapatkan sinar matahari pagi dengan cuku dapat mencegah osteoporosis secara alami

Nah, Itulah beberapa cara mencegah osteoporosis secara alami agar kita selalu memperhatikan kesehatan tubuh kita, khususnya tulang.
loading...

Cara Mencegah Osteoporosis Secara Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: OMasak

0 comments:

Post a Comment