Wednesday, July 27, 2016

Cara Mengobati Cantengan Secara Alami

Cara Mengobati Cantengan Secara Alami - Pernahkah anda mengalami kuku Cantengan, ataukah anda sekarang sedang mengalami hal tersebut? Jika Ya, anda berada ditempat yang tepat. Karena Landongku pada kesempatan kali ini akan mengulas tentang cara alami mengobati cantengan  dengan cepat.

Kuku cantengan atau dalam bahasa medis disebut paronychia merupakan kuku bernanah yang disebabkan terjadinya infeksi kulit. Kondisi ini biasanya terjadi pada dasar kuku jari tangan atau jari kaki. 

Cantengan ini dapat menimbulkan rasa nyeri yang ditandai dengan warna kemerah merahan di sekelilingnya, jika sudah terdapat muncul nanah di dalamnya maka kondisinya bisa kategorikan parah. Maka dari itu perlu dilakukan segera penanganan supaya meringankan rasa sakit pada penderita. 

Cara Mengobati Cantengan Secara Alami

Pengobatan cantengan pun sangat mudah dan sederhana. Namun, tetap dalam proses penyembuhnnya dibutuhkan ketelatenan dan perhatian khusus untuk menanganinya.

Penyebab Cantengan

Adapun beberapa penyebab yang menimbulkan cantengan yakni pemotongan kuku yang salah seperti kependekan atau melampaui batas, pemotongan kuku yang terlalu tajam, karena gigitan serangga dan masih banyak lagi.

Dengan beberapa faktor tersebut sangat beresiko sekali menimbulkan penyakit cantengan. Hal itu dikarenakan kuku akan mudah mengalami infeksi dan memudahkan banyak bakteri yang bersarang pada kuku yang terinfeksi. Namun Anda jangan khawatir karena semua penyakit itu pasti ada obatnya dan berikut ini akan dijelaskan beberapa cara mengobati cantengan secara alami. Adapun penjelasannya adalah berikut ini.

Cara Mengobati Cantengan Secara Alami

1. Menggunakan Jahe
Cara mengobati cantengan yang pertama adalah menggunakan jahe. Bahan dapur yang satu ini juga dipercaya memiliki manfaat untuk mengobati cantengan. Jadi tidak ada salahnya jika Anda mencoba dengan menggunakan jahe. Cara penggunaannya Anda cukup mencampurkan parutan jahe dengan sedikit minyak kelapa dan oleskan pada daerah kuku jari Anda yang cantengan.

2. Merendam Dengan Air Hangat
Cara kedua ini yang paling mudah, yakni dengan merendamkan bagian yang cantengan kedalam air hangat. Anda bisa mendiamkan sekitar 10 hingga 15 menit. Terapi ini sangat efektif sekali jika dilakukan setiap hari untuk mengatasi atau pencegahan penyakit cantengan pada jari kuku Anda.

3. Daun Tempuh Wiyah
Selain menggunakan cara yang sederhana Anda juga bisa menggunakan tempih wiyah untuk mengatasi masalah cantengan pada kuku jari Anda.  Tumbuhan ini dipercaya dapat mengatasi masalah cantengan, hanya cukup dengan mencampurkan daun tempuh wiyah dengan sedikt gula pasir setelah itu haluskan. Anda bisa menempelkan pada kuku jari Anda yang cantengan dan balut dengan kain kasa.

4. Menggunakan Daun Pacar Kuku
Cara mengobati cantengan yang terakhir adalah dengan memanfaatkan bahan alami yaitu menggunakan daun pacar kuku. Caranya hampir sama dengan menggunakan daun tempah wiyah namun perbedaannya dalam menggunakan daun pacar kuku ini ditambahkan air jeruk nipis. Lalu haluskan dan tempelkan pada bagian kuku jari Anda yang sakit dan balut dengan menggunakan kain kasa. Setelah itu Anda bisa mendiamkan selama 3 jam dan bersihkan dengan air bersih.

Itulah beberapa Cara Alami untuk mengobati cantengan dengan cepat dan mudah dan tentunya tidak menimbulkan efek samping karena semuanya bahannya herbal alami. Selamat mencoba.

Baca Juga :
loading...

Cara Mengobati Cantengan Secara Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: OMasak

0 comments:

Post a Comment