Landongku adalah blog informasi kesehatan dan Toko Herbal Online Indonesia

Inilah Cara Merawat Bayi Prematur yang Benar

Cara Merawat Bayi Prematur yang Benar - Apakah anda sedang mencari artikel yang mengulas tentang cara merawat bayi prematur yang baik dan benar? Jika ya, pada kesempatan kali ini Landongku akan membahasnya, dan berikut ulasannya : 

Bayi Prematur adalah bayi yang lahir kurang dari umur sebenarnya atau umur normal kehamilan, sehingga bayi yang terlahir prematur memiliki beberapa organ yang belum berfungsi secara maksimal dan membutuhkan perhatian yang ekstra. 

Inilah Cara Merawat Bayi Prematur yang Benar

Merawat bayi prematur bisa dikatakan gampang gampang susah untuk dilakukan, dan dibutuhjan perhatian ekstra untuk merawat bayi prematur. Meski begitu, setiap orang tua pasti akan melakukan apa saja yang terbaik untuk sang buah hati. Dan tidak dapat dipungkiri sebagian bayi yang lahir ke dunia ini mungkin saja tidak sesuai dengan harapan orang tuanya. Salah satu yang mungkin dialami oleh ibu hamil adalah melahirkan bayi prematur.

Bila dibandingkan dengan bayi normal, bayi prematur wajib mendapatkan perawatan yang intensif untuk mengejar semua keterlambatan dalam perkembangannya.

Cara Merawat Bayi Prematur yang Benar

1. Memberikan ASI Eksklusif
Hal pertama yang harus dilakukan bagi anda yang memiliki bayi prematur adalah memberikan ASI secara ekslusif. ASI merupakan nutrisi penting dalam membantu untuk meningkatkan berat badan dan sistem kekebalan tubuh si kecil. Jika memang bayi belum bisa menyusu secara sempurna, Anda bisa memerahnya terlebih dahulu lalu memberikannya si kecil sedikit demi sedikit dengan intensitas yang sering.

2. Melakukan Kangaroo Mother Care
Tips Kedua adalah dengan menggendong atau meletakkan bayi di bagian dada ibunya. Dengan dilakukannya metode ini diharapkan dapat mempertahankan suhu tubuh bayi, agar bayi jarang menangis, menstabilkan denyut jantung dan pernapasan si kecil.

Cara melakukannya pun sangat mudah yaitu gendong bayi atau meletakkan si kecil di bagian dada ibunya , sehingga kulit bayi akan bersentuhan secara langsung dengan kulit ibu. Metode ini sangat cocok dilakukan untuk bayi yang memiliki berat badan kurang dari 2,5 kg.

3. Meyiapkan Kamar Bayi Khusus yang nyaman
Tips selanjutnya yakni memberikan kenyamanan serta menjauhkan dari berbagai gangguan apalagi penyakit dengan menyiapkan kamar bayi secara khusus. Karena bayi prematur lebih rentan terhadap infeksi dan penyakit, kamar bayi juga harus bersih dan nyaman. Pastikan bayi jauh dari lingkungan bisa berdebu dan terpolusi serta beberapa bahan kimia yang berbahaya seperti asap rokok dan orang yang sedang sakit. Hal ini bertujuan agar sistem kekebalan tubuh lebih kuat dan tidak mudah sakit.

4. Selalu mengontrol kesehatan
Mengontrol kesehatan baik itu ibu maupun bayinya dengan berkonsultasi dengan dokter adalah cara yang benar dan tepat dalam merawat bayi prematur. Karena, dengan begitu dokter akan mengetahui perkembangan dan juga kondisi bayi.

5. Memperhatikan asupan nutrisi dan obat pada bayi
Cara merawat bayi prematur selanjutnya adalah dengan memperhatikan asupan nutrisi dan obat yang dikonsumsi bayi. Seperti memberikan vitamin yang dianjurkan oleh dokter juga harus ditetapkan ketika anda mulai menjaganya di rumah. Hal ini bertujuan agar bayi tetap sehat dan bugar.

6. Menjaga kebersihan tubuh bayi
Menjaga kebersihan tubuh si kecil memang sangat diperlukan, supaya kulit tidak teriritasi. Selain itu, anda bisa menjemur bayi pada pagi hari dibawah sinar matahari selama 10 hingga 15 menit. Selain dapat membuat tulang bayi menjadi lebih kuat, ternyata menjemur bayi di pagi hari juga dapat mencegah penyakit kuning.

7. Memberi bayi stimulan
Tips selanjutnya adalah dengan memberikan bayi stimulan. Sama seperti bayi normal pada umumnya, bayi prematur juga membutuhkan stimulan. Oleh karena itu pastikan Anda meluangkan waktu sebanyak mungkin untuk memberikan beberapa stimulan mulai dari sentuhan, suara dan juga penglihatan. Ketika mengajak bicara si kecil pastikan Anda selalu menatap matanya dengan ceria dan bahagia.

8. Jangan biarkan bayi terlalu lelah
Hindari melakukan kegiatan yang berturut-turut seperti memakaikan baju pada bayi, mengganti popok, menyusuinya dan masih banyak lagi. Untuk mengantisipasi hal ini ada beberapa tanda yang dapat diketahui ketika bayi lelah, seperti hilangnya kontak mata, bayi terlihat mengantuk, menguap berlebihan, bayi rewel dan tangganya seperti menolak jika diajak.

Nah, itulah beberapa Cara untuk merawat bayi prematur yang baik dan benar, supaya membuat buah hati anda selalu sehat dan bugar.