Landongku adalah blog informasi kesehatan dan Toko Herbal Online Indonesia

Makanan yang Harus dihindari Penderita Asam Urat

Makanan yang harus dihindari penderita asam urat, Asam urat adalah penyakit yang bisa menyerang siapa saja baik itu kalangan muda maupun tua jika mereka tidak menerapkan pola hidup sehat. Memiliki orang tua yang menderita asam urat sangat berisiko tinggi bagi anaknya, sehingga perlu pencegahan sedini mungkin agar terhindar dari penyakit asam urat.

Asam urat adalah penyakit yang menyerang bagian-bagian sendi pada tubuh yang diakibatkan dari timbunan kristal urat sehingga terjadi peradangan pada sendi. Asam urat ini biasanya dirasakan pada sekitar kaki, tangan, pinggang, lutut dan diarea yang banyak memiliki jaringan syaraf urat.

Asam urat ini banyak dialami kaum laki-laki ketimbang perempuan karena perempuan memiliki hormon esterogen yang lebih tinggi yang berfungsi sebagai salah stu hormon yang membantu pembuangan kadar asam urat dalam tubuh melalui pembuangan air seni. Namun hal tersebut tidak dapat menjamin bahwa jumlah perempuan yang menderita asam urat ini lebih sedikit dari pada laki-laki.

Akibat daripada asam urat ini antara lain rematik, nyeri pada bagian lutut, punggung, pundak, pinggang, bahu, darah tinggi, batu ginjal, gagal ginjal, dan dapat memicu terjadinya jantung koroner dan diabetes atau kencing manis.

Penyebab Asam Urat

Faktor-faktor penyebab terjadinya Asam Urat sebagai berikut:

  • Kegemukan, hal ini disebabkan karena terlalu atau kelebihan berat badan.
  • Mengkonsumsi minuman keras seperti alkohol.
  • Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang memiliki zat purin dan berminyak seperti daging dan telur.
  • Melakukan diet, hal ini mempengaruhi terjadinya asam urat karena asupan gizi dalam tubuh kurang.
  • Obat warung, karena memiliki banyak zat kimia sehingga menyebabkan serangan asam urat.

Nah, beberapa penyebab penyakit asam urat diatas perlu diwaspadai dan sebaiknya anda menghindari hal-hal tersebut. Untuk lebil lengkapnya silahkan simak disini Penyebab dan Gejala Penyakit Asam Urat.

Nah, salah satu penyebab penyakit asam urat adalah dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang tidak dianjurkan bagi penderita asam urat. Apa saja Makanan yang Harus dihindari Penderita Asam urat?

Makanan yang Harus dihindari Penderita Asam Urat

Makanan yang harus dihindari penderita asam urat

1. Kerang
Kerang merupakan salah satu makanan hewani laut, ternyata setelah diteliti kerang mengandung purin yang sangat banyak dan nantinya jika dikonsumsi akan terurai oleh tubuh menjadi asam urat. Sebaiknya bagi anda yang menderita asam urat hindari mengkonsumsi makanan kerang secara berlebihan.

2. Daging Merah
Daging merah juga bisa menjadi makanan yang harus dihindari penderita asam urat. Namun, jika anda masih ingin mengkonsumsi daging merah, anda bisa mengkonsumsinya secara bergantian seperti contoh hari ini mengkonsumsi daging sapi dan minggu selanjutnya mengkonsumsi daging sapi atau kalkun.

3. Jeroan
Selain daging merah, berbagai jenis jeroan pada hewan, seperti ginjal dan hati memiliki kadar purin yang tinggi. Selain itu, sweetbreads, pate, babat dan lidah juga diteliti memiliki kadar purin yang harus dihindari para penderita asam urat.

4. Ikan Laut
Selain karang laut, makanan dari laut yang lain seperti ikan haring, teri, udang, lobster, tuna, sarden, dan ikan asin juga harus dihindari anda penderita asam urat. Namun, menurut beberapa penelitian ikan udang, lobster, kepiting dan belut masih bisa dikonsumsi oleh penderita asam urat asalkan porsi mengkonsumsi makanan tersebut tidak berlebihan.

5. Angsa
Menurut beberapa penelitian kadar purin didalam angsa sangat tinggi dibandingkan dengan jenis makanan lainnya, sehingga bagi anda penderita asam urat harus menghindari makanan tersebut. Dan sebagai gantinya anda bisa mengkonsumsi daging ayam dan bebek.

6. Asparagus, Bayam dan Jamur
Makanan yang harus dihindari penderita asam urat selanjutnya adalah Sayuran asparagus, nayam dan jamur. Karena menurut penelitian ketiga sayuran ini memiliki kadar purin yang tinggi. Meskipun begitu, makanan-makanan tersebut kaya akan nutrisi, sehingga anda bisa mengkonsumsinya karena nutrisi baiknya lebih besar dibandingkan dengan dampak buruknya.

7. Kacang-Kacangan
Beberapa jenis kacang, seperti buncis, polong dan kacang-kacang lainnya adalah salah satu sumber untuk mendapatkan purin, namun ternyata kacang-kacangan ini kurang baik dikonsumsi oleh penderita asam urat.

Simak Juga : Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami dan Cepat

Itulah makanan yang harus dihindari penderita asam urat, Namun adapun dari segi minuman yang harus dihindari adalah minuman manis antara lain sirup, soda dan minuman olahan lainnya, karena mengandung kadar fruktosa yang tinggi sehingga dapat merangsang tubuh untuk memproduksi asam urat yang lebih besar.