Tuesday, August 2, 2016

Inilah Kadar Gula Darah Normal Menurut WHO

Kadar Gula Darah Normal Menurut WHO - Didalam ilmu kedokteran istilah gula darah mengacu pada tingkat glukosa yang ada dalam darah. Tingkat glukosa di dalam tubuhtelah diatur dengan ketat, karena gula darah atau glukosa yang mengalir dalam darah menrupakan sumber energi utama untuk sel di dalam tubuh manusia.

Inilah Kadar Gula Darah Normal Menurut WHO

Lantas, berapa kadar gula menurut asosiasi kesehatan dunia atau WHO? Nah, pada kesempatan kali ini, Landongku akan mengulas tentang Kadar Gula Darah Menurut WHO dan mudah-mudahan ini menjadi pengetahuan baru bagi anda.

Pada umumnya gula darah atau glukosa manusia bertahan dalam batas yang sempit. Dalam sehari yakni 4 - 8 mmol/I atau 70 - 150 mg/dL. Namun, tingkat ini bisa saja meningkat pada saat kita makan, dan biasanya yang terendah pada saat pagi hari sebelum sarapan pagi.

Banyak oran gyang tidak mengetahui ukuran gula darah atau glukosa yang ideal, untuk mengetahui hal tersebut kita merujuk pada ukuran gula darah yang normal versi WHO. Tujuannya yakni sebagai acuan yang terpercaya dan jelas untuk menjaga kadar gula darah dalam tubuh agar stabil. 

Kadar Gula Darah Normal Menurut WHO

Berikut Kadar gula darah normal menurut WHO :
  • Ketika orang sedang melakukan puasa kadar gula normal dalam tubuh adalah 4 – 7 mmol/I atau setara dengan 72 – 126 mg/dL
  • Sedangkan setelah kurang lebih 90 menit kita makan, kadar gula darah yang normal dalam tubuh adalah 10 mmol/I atau setara 180 mg/dL
  • Dan pada malam hari kadar gula darah yang normal dalam tubuh kita adalah 8 mmol/I atau setara 144 mg/dL
Nah, setelah mengetahui Kadar Gula Darah Menurut WHO, anda bisa menjaga kadar gula darah anda supaya tidak sampai terkena panyakit diabetes. Karena, apabila kadar gula darah anda tinggi dari yang ditetapkan oleh WHO, anda diwajibkan untuk melakukan proses diet gula. Selain itu, meskipun anda sedang menjalankan diet gula, diharapkan untuk menghidari makanan atau minuman yang manis-manis, guna menjaga terjadinya dampak negatif pada tubuh.

Penyebab Penyakit Gula Darah atau Glukosa

Adapun penyebab penyakit glukosa atau gula darah yang terjadi pada tubuh manusia, antara lain.
  1. Obesitas
  2. Faktor Keturunan atau genenik
    Faktor keturunan atau genetik juga dapat memicu timbulnya penyakit diabetes atau gula darah tinggi, hal ini dikarenakan gen yang diwariskan pada anaknya yang orang tuanya sudah menderita penyakit diabetes, menjadi salah satu resiko tinggi untuk terkena penyakit diabetes.
  3. Pola Makan Tidak Teratur
    Pola makan yang tidak teratur juga dapat menjadi salah satu penyebab penyakit diabetes atau kadar gula darah tinggi. Karena dapat memicu kalori yang masuk dalam tubuh kita menjadi berlebihan. Pola makan yang berlebihan yang tidak diimbangi dengan proses sekresi insulin maka hal ini akan memicu meningkatnya kadar gula di dalam darah.
Dan masih banyak lagi faktor penyebab seseorang terkena peyakit Diabetes dan Kadar gula darah tinggi.

Baca Juga : 

Inilah Kadar Gula Darah Normal Menurut WHO Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Landongku