Thursday, August 4, 2016

Penyakit Jantung Koroner, Penyebab dan Cara Mencegahnya

Penyakit Jantung Koroner, Penyebab dan Cara Mencegahnya, Penyakit Jantung Koroner adalah penyakit yang mematikan No. 2 setelah penyakit Kanker, kebanyakan penderita penyakit ini disebabakan akibat efek polusi udara yang banyak menimbulkan suatu pencemaran yang sangat merugikan bagi penduduk khususnya dinegara-negara maju.

Namun hal tersebut tidak menutup kemungkinan akan penderita penyakit Jantung Koroner ini hinggap di negara-negara berkembang seperti Indonesia ini. Hal ini dikarenakan pola hidup masyarakat yang tidak terkendalikan akibat era globalisasi sehingga secara tidak langsung negara-negara berkembang harus mengikuti langkah negara maju yang pada akhirnya mereka tidak menyadari akan rentannya penyakit Jantung Koroner.

Penyakit Jantung Koroner, Penyebab dan Cara Mencegahnya

Banyak para peneliti mengatakan bahwa Penderita Jantung Koroner di indonesia tidak merata, dikarenakan di Indonesia yang menderita penyakit jantung Koroner ini disebabkan oleh beberapa faktor.
Dan pada kesempatan kali ini, Landongku akan memngulas tentang Penyakit Jantung Koroner, Penyebab dan Cara Mencegahnya.

Penyakit Jantung Koroner, Penyebab dan Cara Mencegahnya

Jantung Koroner -  Penyakit Jantung Koroner disebut juga arteri koroner adalah penyakit yang terjadi akibat otot jantung tidak mendapatkan pasokan oksigen dari pembuluh darah koroner. Hal ini biasanya terjadi penyempitan pada pembuluh darah koroner yang diakibatkan adanya timbunan lemak/plak yang berlebih.

Akibat Ketidakmampuan Pembuluh darah koroner dalam memasok oksigen pada otot jantung, mengakibatkan kinerja jantung menjadi kurang prima. Selain daripada itu jika salah satu pembuluh koroner kekurangan dalam hal memasok oksigen akibatnya otot Jantung tidak dapat memompa darah atau berhenti. Penyumbatan pada koroner ini bervariasi tergantung jumlah dan banyaknya penyumbatan yang terjadi pada pembuluh koroner tersebut.

Faktor Resiko Penyebab Penyakit Jantung Koroner

Berikut adalah faktor-faktor umum penyebab Jantung Koroner antara lain:
  1. Faktor Genetik/Keturunan
    Hal ini banyak ditakuti oleh sebagian orang yang mempunyai saudara/keluarga yang terkena jantung koroner, karena Faktor genetik ini lebih beresiko tinggi dibandingkan yang tidak.
  2. Darah Tinggi
    Hal ini berpengaruh pada kerja jantung yang lebih berat dalam hal memompa darah karena banyaknya jumlah darah sehingga mengakibatkan terjadinya Jantung Koroner.
  3. Kebiasaan Merokok
    Menurut hasil penelitian resiko yang ditimbulkan oleh kebiasaan merokok ini lebih besar dan berlipat ganda dibandingkan orang yang tidak merokok. Hal ini diakibatkan oleh faktor radikal yang ditimbulkan oleh asap rokok, sehingga bagi para perokok harus berfikir dua kali dalam urusan merokok agar terhindar dari penyakit Jantung koroner yang mematikan ini.
  4. Kegemukan ( Tingginya berat badan )
    Hal ini berpengaruh pada terjadinya darah tinggi yang dapat menyebabkan terjadinya Jantung Koroner dan memiliki berat badan yang tidak seimbang ini cenderung memiliki kadar kolesterol yang tinggi.
  5. Kurang beraktifitas khususnya Olahraga
    Kurangnya olahraga dapat menimbulkan jantung tidak terlatih, jikalau pada suatu hari nanti anda akan mengalami syok yang luar biasa. Selain itu, Olahraga ini sangat penting dilakukan agar jantung kita bisa terlatih dengan baik.
  6. Stress
    Tingkat kemarahan dan stress yang tidak terkendali akan mengakibatkan serangan jantung dan stroke, maka dari itu sebagai umat beragama kita harus selalu bersabar dan mengendalikan emosi.
  7. Tingginya Kadar Kolesterol pada tubuh
    Hal ini dapat memicu terjadinya penyumbatan yang diakibatkan banyaknya timbunan lemak yang membeku dan sulit dalam proses pembuangan.
  8. Faktor Usia dan Jenis kelamin
    Faktor usia ini juga dapat menimbulkan Jantung koroner, karena semakin tua usia pada seseorang organ dalam tubuhpun kinerjanya akan berkurang. Menurut penelitian lebih dari 80% didunia yang meninggal dunia akibat penyakit jantung koroner ini usianya sekitar 60 tahun keatas dan yang paling dominan terjangkit penyakit Jantung Koroner ini adalah pria.
Faktor Utama Penyebab Penyakit Jantung Koroner
Adapun faktor utama penyebab seseorang terkena penyakit Kanker Koroner yang kebanyakan di negara Asia Tenggara termasuk Indonesia antara lain:
1. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang manis dan berlemak.
2. Kebiasaan hidup santai, sehingga tidak suka melakukan aktivitas lain seperti olahraga.
3. Semakin meningkatnya polusi udara dan radikal bebas akibat dari era globalisasi dan modernisasi yang semakin merajalera.

Penderita penyakit Jantung koroner di Asia Tenggara meingkat dari tahun ke tahun, pasalnya orang indonesia banyak yang melakukan pola makan seperti orang barat khususnya banyak mengkonsumsi makanan yang berlemak. Selain itu kepadatan kendaraan yang semakin meningkat yang mengakibatkan kemacetan merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan khususnya pemerintah.

Selain itu radikal bebas yang semakin meningkat khususnya asap-asap yang ditimbulkan kendaraan dan asap rokok serta asam dari industri-industri yang banyak memanfaatkan zat kimia berbahaya, ini juga dapat berpotensi terkena Penyakit Jantung Koroner ini.

Cara Mencegah penyakit Jantung Koroner

Berikut adalah tahap awal untuk mencegah akan bahaya terkena penyakit jantung koroner diantaranya:

1. Menghindari kebiasaan merokok
2. Menghindari Minuman beralkohol/bir
3. Belajar mengendalikan emosi akibat stress
4. Hilangkan kebiasaan mengkonsumsi makanan berlemak seperti daging merah dan daging kambing.
5. Berolah raga ringan secara rutin, seperti jogging dan senam.
6. Mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung kandungan nutrisi dan gizi yang tinggi, sepeti sayuran dan buah-buahan khususnya yang mengandung Vitamin A, C dan E.

Itulah ulasan tentang Penyakit Jantung Koroner, Penyebab dan Cara Mencegahnya untuk anda yang ingin terhindar dan mencegah penyakit yang mematikan ini. Dan mudah-mudahan kita diberikan kesehatan dan jauh dari penyakit Jantung Koroner. Aamiin.

Baca Juga :

Penyakit Jantung Koroner, Penyebab dan Cara Mencegahnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Landongku