Saturday, August 20, 2016

Jenis Penyakit Kanker Darah

Jenis Penyakit Kanker Darah, Penyakit kanker merupakan salah satu penyakit yang sudah tidak asing lagi kita dengar. Namun, ternyata penyakit kanker ini beragam, mulai dari kanker paru-paru, kanker darah, kanker payudara hingga kanker serviks. 

Nah, salah satu dari sekian banyak penderita kanker adalah kanker darah. Kanker darah atau yang sering disebut leukimia adalah kanker yang menyerang sel-sel yang membentuk sel darah dalam sumsum tulang. Pada kondisi normal, sel-sel darah putih akan berkembang secara teratur di saat tubuh  membutuhkannya untuk memberantas infeksi yang muncul.

Jenis Penyakit Kanker Darah

Namun, bagi pengidap kanker darah, sumsum tulang akan memproduksi sel-sel darah putih yang abnormal, tidak dapat berfungsi dengan baik dan berlebihan. Sehingga, jumlahnya yang berlebihan akan mengakibatkan penumpukan dalam sumsum tulang dan sel-sel darah yang sehat pun akan berkurang.

Nah, pada kesempatan kali ini Landongku akan mengulas tentang jenis penyakit kanker darah yang wajib anda ketahui dan perlu diwaspadai. Ada beberapa jenis kanker darah berdasarkan kecepatan perkembangannya, dimana kanker darah ini dikelompokkan menjadi kanker darah akut dan kenker darah kronis.

Jenis Penyakit Kanker Darah

Kanker darah akut berkembang dengan cepat yang diakibatkan oleh penambahan jumlah sel darah putih yang abnormal yang signifikan dan penyebarannya kedalam aliran darah, sehingga jenis kanker darah akut harus ditangani secara cepat.

Berbeda dengan kanker darah akut, kanker darah kronis sebaliknya. Dimana kanker darah kronis berkembang secara perlahan-lahan dan dalam jangka panjang, sehingga gejalanya pun cenderung tidak segera dirasakan sehingga kanker darah kronis ini akan baru terdiagnosis setelah bertahun-tahun.

Berdasarkan pengelompokkan tersebut, terdapat empat jenis kanker darah yang paling sering terjadi, dan berikut lebih lengkapnya :

1. Leukemia limfotik akut atau acute lymphocytic leukemia (ALL)

Kanker darah yang pertama yang sering disingkat ALL dapat menghambat fungsi limfosit sehingga pengidapnya berpotensi mengalami infeksi yang serius. Biasanya penyakit kanker darah jenis ALL ini diidap oleh anak-anak, tapi juga bisa menyerang orang dewasa.

2. mielogen akut atau acute myelogenous leukemia (AML)

Jenis kanker AML ini paling banyak diderita oleh orang dewasa. Namun, tidak menutup kemungkinan bagi anak-anak dan remaja untuk terkena penyakit kanker darah jenis kanker darah ini. Kanker darah jenis AML membentuk sel-sel mieloid yang tidak sempurna dan dapat menyumbat pembuluh darah.

3. Leukemia limfotik kronis atau chronic lymphocytic leukemia (CLL)

Jenis kanker darah ini harus diwaspadai, karena cenderung terdetiksinya pada stadium lanjut dan pasien pun tidak merasakan gejala-gejalanya untuk waktu yang lama. Biasanya penyakit kanker darah jenis ini banyak diidap oleh orang dewasa.

4. Leukemia mielogen kronis atau Chronic myelogenous leukemia (CML)

Dan, kanker jenis terakhir adalah Leukimia Mielogen Kronis, dimana lagi-lagi penderitanya kebanyakan orang dewasa. CML ini memiliki dua tahap. Pada tahap pertama, sel-sel abnormal akan berkembang secara perlahan dan ketika memasuki tahap kedua, jumlah sel-sel abnormal akan bertambah dengan pesat sehingga kondisi pasien akan menurun secara drastis.

Nah, itulah beberapa jenis penyakit kanker darah yang harus diwaspadai, sebaiknya anda untuk selalu memeriksakan kesehatan anda kepada dokter secara rutin, guna menghindari penyakit kanker darah yang sangat berbahaya ini.

Jenis Penyakit Kanker Darah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Landongku

0 komentar:

Post a Comment