Wednesday, August 10, 2016

Cara Mengobati Sariawan Secara Alami

Sariawan di Lidah dan di sekitar mulut merupakan salah satu kondisi yang sering dialami oleh hampir setiap orang. Maka, jangan heran jika banyak orang yang mencari tahu tentang cara mengobati sariawan di lidah secara alami dan ampuh serta tidak menimbulkan efek samping. Nah, pada kesempatan kali ini Landongku akan mengulas tentang cara mengobati sariawan secara alami dan tepat.

Apa Itu Sariwan?

Sariawan merupakan inveksi pada mulut yang disebabkan oleh jamur. Ciri umum seseorang terkena sariawan adalah bentuknya tampak seperti luka yang berselaput keputih-putihan yang biasa terjadi di lidah. Namun, sariawan tidak hanya bisa menyerang lidah saja, sekitar mulut dan lainnya seperti di pipi bagian dalam, gusi dan bagian belakang tenggorokan pun bisa terkena sariawan.

Cara Mengobati Sariawan Secara Alami

Maka dari itu, perlu diatasi dengan cepat jika seseorang mengalami sariawan karena sangat mengganggu dan orangnya pun akan tersiksa. Tak hanya merasakan sakit dan perih saja, seseorang yang mengalami sariawan juga sering kehilangan nafsu makan.

Penyebab Sariawan

Beberapa penyebab yang sering timbul dari sariawan ini adalah pola hidup yang tidak sehat atau selalu mengabaikan masalah kecil, seperti terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang berminyak dan pedas, menyikat gigi terlalu keras, sistem kekebalan tubuh yang melemah, kurangnya menjaga kebersihan gigi dan mulut serta mengkonsumsi obat-obatan tertentu.

Cara Mengobati Sariawan Secara Alami Paling Ampuh

1. Brkumur dengan air hangat dan garam
Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengobati sariawan secara alami adalah dengan berkumur dengan air hangat yang dicampur dengan garam. Air garam yang digunakan merupakan salah satu cara paling efektif untuk mengobati sariawan. Hal ini dikarenakan air garam memiliki sifat antibakteri yang mampu membunuh kuman dan bakteri penyebab sariawan serta dapat menyembuhkan luka dengan cepat. Lakukan secara rutin guna mendapatkan hasil yang maksimal hingga sariawan sembuh total.

2. Mengunyah Daun Basil
Sejak zaman dulu daun basil sudah dikenal untuk pengobatan. Daun basil kaya akan vitamin A, vitamin B, dan vitamin C yang dapat melindungi tubuh dari serangan penyakit, salah satunya sariawan.

Caranya sangat mudah yakni, siapkan beberapa daun basil yang sudah dibersihkan. Kemudian, kunyah daun tersebut hingga halus. Setelah itu, anda bisa membuangnya. Atau Anda bisa memanfaatkan basil untuk pembuatan teh, jus dan bahkan salad serta masakan.

3. Berkumur dengan Minyak Kelapa
Minyak kelapa selain digunakan untuk menjaga kesehatan rambut, juga digunakan untuk membunuh bakteri, termasuk bakteri di dalam mulut. Anda bisa berkumur atau mengoleskan sedikit minyak kelapa dengan menggunakan cotton bud pada lidah atau gusi yang terkena sariawan. Guna mempercepat proses penyembuhan, anda bisa melakukannya  dua kali sehari.

4. Mengkonsumsi Tomat
Cara mengobati sariawan secara alami selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi tomat. Sama halnya seperti daun basil, tomat juga kaya akan vitamin yang dapat mengobati sariawan. Anda bisa mengkonsumsinya secara langsung ataupun mengolahnya menjadi jus tomat.

5. Membatasi Konsumsi Gula
Jika anda penyuka gula atau makanan yang manis, sebaiknya hindari makanan tersebut. Karena dapat mendorong perkembangan pertumbuhan bakteri didalam mulut. Hal ini dilakukan agar dapat mempercepat proses pengobatan ataupun mengatasi sariawan.

Nah, itulah beberapa cara mengobati sariawan secara alami yang bisa anda lakukan dirumah dan caranya pun cukup mudah bukan?
loading...

Cara Mengobati Sariawan Secara Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: OMasak

0 comments:

Post a Comment