Tuesday, August 30, 2016

Cara Mencegah Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

Cara Mencegah Tekanan Darah Tinggi Secara Alami, Penyakit Darah tinggi atau yang dikenal dengan hipertensi merupakan masalah yang dialami banyak orang, namun sebagian besar dari mereka tidak menyadari bahwa mereka mengalami darah tinggi. Bahkan hipertensi disebut sebagai "Silent Killer". Menurut WHO (World Health Organization) masalah tekanan darah tinggi terjadi setidaknya satu dari tiga orang. Selain itu, kebanyakan yang mengalami tekanan darah tinggi, mereka tidak sadar bahwa mereka mengidapnya.

Masalah besar yang diakibatkan dari tekanan darah tinggi adalah dapat menyebabkan serangan jantung, stroke, jantung koroner dan gagal jantung. Diberbagai negara, penderita tekanan darah tinggi semakin meningkat, dikarenakan sebagian besar karena banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar garam yang tinggi dan faktor obesitas.

Cara Mencegah Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

Nah, karena semakin banyak penderita yang mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi. Maka, pada kesempatan kali ini Landongku akan mengulas tentang Cara Mencegah Tekanan Darah Tinggi Secara Alami yakni dengan melakukan berbagai macam cara yang bisa anda lakukan, guna mencegah tekanan darah tinggi yang memiliki dampak buruk bagi kesehatan tubuh anda.

Cara Mencegah Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

1. Mengurangi konsumsi garam

Cara mencegah tekanan darah tinggi yang pertama adalah dengan membatasi asupan garam pada makanan, sehingga tekanan darah tinggi dalam tubuh dapat terkentrol dan bagi Anda yang belum terkena tekanan darah tinggi hal ini merupakan salah satu langkah yang harus dilakukan jika tidak ingin terkena tekanan darah tinggi. Menurut WHO (World Health Organization), sangat dianjurkan untuk  melakukan pembatasan konsumsi sodium hingga 2000 mg atau setara dengan satu sendok teh garam setiap harinya.

2. Konsumsi potasium

Mengkonsumsi Potasium atau kalium merupakan cara alami kedua untuk mencegah tekanan darah tinggi. Karena Kalium ini terbukti dapat membantu dalam menurunkan tekanan darah. Umumnya setiap orang dianjurkan untuk mengkonsumsi potasium 3.510 mg setiap harinya. Adapun beberapa macam makanan yang bisa menjadi sumber potasium antara lain buncis, kacang tanah. Pada buah-buahan anda bisa mendapatkannya dari buah kurma, pisang, pepaya. Selain itu, pada jenis sayuran anda bisa menemukannya pada sayuran bayam, kubis dan masih banyak lagi sumber potasium lainnya yang bisa anda dapatkan.

3. Diet

Diet juga bisa salah satu alternatif untuk mencegah tekanan darah tinggi, yakni dengan mengurangi konsumsi makanan olahan dan minimal mengkonsumsi sampai dengan lima porsi buah dan sayuran yang mengandung banyak serat. Selain itu, anda juga diharuskan untuk mengurangi konsumsi makanan yang mengandung banyak garam, makanan yang berlemak dan makanan sejenis gorengan.

4. Menjaga berat badan

Sebagian besar penderita tekanan darah tinggi adalah mereka yang memiliki kondisi berat badan yang berlebih. Dengan menurunkan dan menjaga berat badan, bisa membantu juga dalam mencegah dan menurunkan tekanan darah tinggi. Karena dipercaya jika seseorang memiliki berat badan berlebih sangat berisiko tinggi untuk mengalami masalah tekanan darah tinggi.

5. Olahraga

Cara Terakhir yang bisa anda lakukan untuk mencegah tekanan darah tinggi adalah dengan melakukan olahraga secara rutin dan teratur. Karena jika seseorang terus dalam keadaan pikiran sterss dan tertekan biasanya bisa membuat tekanan darah tinggi. Maka, olahraga merupakan salah satu cara untuk mencegah sekaligus mengontrol tekanan darah tinggi. Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, jogging, berenang dan bersepeda.
Simak Juga : Tanaman Obat Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Nah, itulah beberapa cara mencegah tekanan darah tinggi secara alami, semoga bermanfaat.
loading...

Cara Mencegah Tekanan Darah Tinggi Secara Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: OMasak

0 comments:

Post a Comment