Landongku adalah blog informasi kesehatan dan Toko Herbal Online Indonesia

Penyebab dan Cara Mengatasi Mata Minus Secara Alami

Penyebab dan Cara Mengatasi Mata Minus Secara Alami - Disekitar kita sudah banyak orang tua, bahkan anak-anak yang sudah mengalami Mata Minus yang diakibatkan oleh cara hidup yang kurang baik. Dengan demikian tinggkat gangguan Mata Minus ini setiap tahun semakin bertambah, baik itu dari kalangan anak-anak maupun orang tua. Nah, pada kesempatan kali ini Landongku akan mengulas tentang Penyebab dan Cara Mengatasi Mata Minus Secara Alami.

Penyebab dan Cara Mengatasi Mata Minus Secara Alami


Kebiasaan yang banyak dilakukan pada anak-anak sehingga berdampak matanya minus adalah terlalu sering melihat pancaran cahaya seperti gadget, televisi bahkan video game. Sehingga tidak jarang kita dapati seorang anak yang baru masuk sekolah dasar sudah mengenakan kacamata.

Adapun pada orang dewasa atau orang tua, mata minus bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti terlalu banyak mengkonsumsi minuman atau makanan yang memiliki kafein, faktor usia dan kurangnya waktu istirahat yang diakibatkan kesibukan dari suatu pekerjaan.

Penyebab dan Cara Mengatasi Mata Minus Secara Alami

Nah, untuk meneliti lebih lengkap seputar penyebab dari mata minus bisa simak ulasan berikut ini :

Penyebab Mata Minus

  1. Faktor Keturunan
    Jika anda merupakan salah seorang yang terlahir dari orangtua yang memiliki mata rabun, maka kemungkinan besar untuk anda mendapatkan penyakit yang sama. Hal ini tidak hanya mengenai penyakit mata, namun penyakit yang lain juga ada kemungkinan terjangkit pada anak. Karena faktor keturunan adalah salah satu faktor yang paling dominan akan seseorang terkena sesuatu hal yang baik maupun kurang baik bagi kesehatan maupun jiwa seorang anak.
  2. Pola makan tidak sehat
    Selanjutnya yang sering kita abaikan adalah pola makan yang tidak sehat. Seperti yang diketahui bahwa tubuh memerlukan asupan gizi untuk mata yakni vitamin A. Salah satu makanan yang bisa anda konsumsi adalah wortel, hal ini dapat mengurangi resiko terjangkit mata minus. Sehingga membiasakan diri untuk mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan setiap hari dapat mengurangi terjangkitnya mata rabun.
  3. Pola hidup tidak teratur
    Di zaman teknologi sangat dibutuhkan dalam berbagai kegiatan dan pekerjaan, belum lagi pancaran cahaya dari gadget. Semua itu akan berdampak buruk untuk mata kita, membuat mata kaku dan menjadi rabun. Mengkonsumsi kafein yang salah satunya terdapat pada kopi juga termasuk penyebab mata rabun. Maka dari itu, anda dianjurkan untuk melakukan olah raga secara teratur agar kesehatan anda terlindungi, termasuk mata anda.
  4. Kurang istirahat
    Kurangnya istirahat setiap hari juga dapat mengakibatkan dampak buruk pada tubuh. Selain otak, ternyata organ-organ dalam tubuh kita juga membutuhkan istirahat termasuk mata. Walaupun anda bukan tipe orang yang diam depan layar komputer, namun aktivitas keseharian anda secara tidak sadar membuat mata bekerja keras. Dari segi cahaya matahari, silaunya pantulan kaca, melihat objek jauh, dan lain sebagainya. Sehingga anda perlu memperhatikan bahwa mata anda perlu istirahat sebanyak 8 jam setiap hari.
Adapun hal-hal yang bisa anda lakukan untuk mengurangi mata minus antara lain :

Cara Mengurangi Mata Minus

  • Melepas Kacamata
    Hal pertama yang bisa anda coba adalah dengan melepas kacamata yang anda kenakan. Karena ketika anda menggunakan kacamata, sudut pandang anda hanya tertuju pada objek-objek yang tertangkap oleh lensa kacamata saja. Sekarang coba buka kacamata anda, dan pandang sekeliling untuk membiasakan diri tanpa kacamata. Anda tidak perlu menggerakan leher untuk memandang objek yang berada pada sudut pandang mata anda. Jarak pandangpun akan terasa lebih luas.
  • Membersihkan mata
    Membersihkan mata adalah hal yang sangat perlu, apalagi bagi anda yang sering menggunakan kendaraan bermotor baik itu menempuh jarak jauh ataupun dekat, kemungkinan kotoran menempel didaerah mata. Maka segeralah untuk mencuci mata anda dengan obat tetes mata untuk hasil maksimalnya. Hal ini agar mata anda tetap bersih sehingga kecil kemungkinan terjangkit penyakit mata.
  • Mengkonsumsi Wortel
    Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, bahwa Wortel terkenal dengan kandungan vitamin A-nya yang sangat tinggi. Hal ini sering orang-orang lakukan untuk menyembuhkan penyakit mata rabun jauh, dekat ataupun silinder. Caranya dengan parut wortel hingga halus dan peras hasil parutan wortel tersebut lalu minum airnya. Walau tidak dimasukan ke dalam kulkas tetapi air wortel sangat segar walau caranya membuatnya sedikit rumit.
  • Mengkonsumsi Ikan Salmon
    Selain anda mengkonsumsi sayuran wortel untuk mengatasi gangguan mata, Ikan salmon juga bisa menjadi pilihan untuk mengatasi gangguan pada mata. Kandungan pada ikan salmon sangat baik untuk kesehatan salah satunya untuk kesehatan mata, hal ini dikarenakan ikan salmon kaya akan omega 3.

    Walaupun ikan ini termasuk ikan yang sangat mahal namun sangat dicari dikalangan masyarakat, selain banyak manfaatnya ikan salmon dapat disajikan ke berbagai aneka menu makanan. Untuk mendapatkan hasil yang maksumal lebih baik anda memasaknya tanpa menggunakan minyak.
  • Memandang objek yang jauh
    Jika anda berjam-jam terfokus pada objek yang dekat, maka sediakan sedikit waktu untuk melihat objek yang jauh agar otot mata tidak terlalu tegang dan kaku.
  • Sering memandang objek berwarna hijau
    Dampak warna pada pandangan memang sangat berpengaruh. Hal ini terbukti ketika seseorang memandang objek yang berwarna hijau contohnya tumbuhan. Jika anda termasuk orang yang bekerja di depan layar komputer, anda cukup meluangkan waktu sehari dalam seminggu untuk melihat-lihat tumbuhan.
  • Melihat benda-benda yang bergerak
    Cara terakhir yang bisa anda lakukan untuk mengatasi mata minus adalah dengan cara melihat benda-benda yang bergerak seperti melihat kendaraan yang sedang berlalu lalang. Namun jika keadaan ini tidak membuat mata anda nyaman, anda dapat melihat benda yang tidak terlalu jauh dan tidak terlalu cepat bergeraknya.
Nah, itulah beberapa Penyebab dan Cara Mengatasi Mata Minus secara alami versi Landongku. Semoga bermanfaat!