Saturday, September 17, 2016

Apa Penyebab Mimisan dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Penyebab Mimisan dan Cara Mengatasinya - Kaluarnya darah secara mendadak dan tidak diduga kita kenal sebagai mimisan, dalam dunia medisnya disebut epistaksin. Mimisan ini tidak pernah pandang bulu, soalnya dari mulai anak-anak, remaja, dewasa hingga lanjut usia bisa saja terkena mimisan.

Biasanya kita akan merasa cemas dan gelisah ketika terjadi mimisan, karena jika terkena masalah yang satu ini akan sangat terasa tidak nyaman dan aneh pada bagian hidung, karena darah segar akan keluar. Namun, tidak merasa sakit ataupun perih pada hidung.

Nah, jika anda salah satu yang pernah atau mengalami mimisan. Pada kesempatan kali ini Landongku akan mengulas tentang Apa saja penyebab mimisan dan bagaimana cara mengatasinya dan tentunya menggunakan cara sederhana, mudah dan alami. Sehingga anda tidak perlu takut ataupun repot jika terkena masalah mimisan.

Bagaimana Mimisan bisa terjadi?

Apa Penyebab Mimisan dan Bagaimana Cara Mengatasinya?
Hingga saat ini masih banyak yang tidak tahu, bahkan masih menjadi misteri tentang bagaimana mimisan bisa terjadi secara mendadak. Namun, menurut medis mimisan terjadi kepada anak-anak maupun dewasa diakibatkan oleh pecahnya pembuluh darah pada bagian hidung.

Jenis Penyakit Mimisan

Ada 2 jenis mimisan yang sering dialami dan kedua gejala jenis mimisan tersebut terbagi atas lokasi dari pendarahan yang terjadi pada hidung. Dan kedua jenis mimisan tersebut antara lain :
  1. Mimisan Anterior
    Jenis mimisan yang sering dialami oleh kebanyakan orang adalah jenis mimisan anterior, dimana jenis mimisan ini terjadi akibat pendarahan pada bagian depan hidung.
  2. Mimisan Posterior
    Mimisan jenis kedua adalah jenis mimisan posterior, dimana jenis ini jarang dialami. Soalnya jenis mimisan ini memiliki kondisi yang serius dan pendarahan yang muncul biasanya lebih banyak dibandingkan dengan jenis mimisan anterior.

Pendarahan yang mengakibatkan mimisan jenis ini adalah dari pembuluh darah yang berada pada bagian belakang hidung, yaitu diantara langit langit mulut dan rongga hidung.

Siapa saja yang bisa terkena mimisan?

Seperti yang sudah diulas sebelumnya bahwa penyakit mimisan ini bisa saja diderita oleh siapa saja baik itu anak-anak hingga lanjut usia, dan berikut beberapa kelompok yang bisa terkena mimisan :

  • Anak - anak
  • Remaja
  • Dewasa
  • Manula (Manusia Lanjut Usia)
  • Ibu Hamil
  • Akibat penggunaan obat-obatab yang bersifat antikogaulan
  • Penderita Hemofilia

Lantas, apa saja penyebab mimisan yang biasa terjadi pada semua orang tersebut?

Penyebab Mimisan

Beberapa penyabab yang dapat mengakibatkan mimisan antara lain :

  1. Terlalu dalam mengorek Hidung
    Kebiasaan mengorek hidung atau mengupil memang sering dilakukan oleh kebanyakan orang. Namun, disarankan untuk memperhatikan ketika melakukan hal tersebut. Karena, jika anda mengorek hidung terlalu dalam dan secara tidak sengaja melukai bagian dalam hidung akan sangat berisiko tinggi untuk terkena mimisan.
  2. Membuang ingus terlalu keras
    Ketika anda sedang mengalami flu dan tidak enak badan, biasanya tubuh akan merespon dengan sering terjadinya bersin dan mengeluarkan ingus pada hidung. Nah, ketika mengeluarkan ingus dari hidung alangkah lebih baik jika tidak mengeluarkannya secara keras karena dapat menimbulkan mimisan.
  3. Perubahan tekanan udara
    Mimisan juga bisa terjadi akibat tekanan udara yang berubah ubah seperti contohnya udara yang terlalu panas ataupun terlalu dingin. Dan kedua kondisi tersebut bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya mimisan.
  4. Penggunaan obat-obatan
    Kandungan kimia yang terkandung pada obat-obatan juga bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya mimisan, sehingga anda harus berhati-hati dalam mengkonsumsi obat-obatan seperti Aspirin, Antikoagulan dan Inhaler dalam penggunaan yang berlebihan.
  5. Alergi
    Mimisan dapat terjadi karena seseorang mengalami alergi terhadap polusi udara seperti halnya Debu, pasir, asap kendaraan bermotor, asap rokok, dan masih banyak yang lainnya yang diakibatkan oleh polusi udara atau yang sering disebut polutan.
  6. Iritasi pada hidung
    Iritasi pada bagian hidung, ternyata bisa menjadi salah satu pemicu mimisan. Karena adanya iritasi pada bagian rongga dan pangkal hidung yang disebabkan oleh adanya senyawa atau bahan kimia yang masuk ke dalam hidung. Beberapa bahan kimia dapat menimbulkan reaksi gatal dan pendarahan pada bagian hidung apabila terhirup. Untuk menghindari hal ini, maka bagi disarankan untk :

    - Menggunakan masker ketika harus bekerja dengan banyak senyawa dan zat kimia
    - Menghindari peralatan yang dapat menghasilkan atau menimbulkan senyawa kimia.
  7. Penggunaan NAPZA
    Narkotika dan obat terlarang terutama jenis narkoba, jika dihirup masuk kedalam tubuh bisa menimbulkan iritasi dan mimisan pada hidung terutama yang paling umum terjadi akibat jenis narkoba kokain.
  8. Gejala Psikomatis
    Gejala psikosomatis merupakan salah satu gejala – gejala fisiologis yang disebabkan oleh faktor psikologis sehingga akan berpengaruh terhadap kondisi kesehatan dan kondisi fisik seseorang, salah satunya adalah dengan kondisi tubuh terutama hidung yang mengalami mimisan. Faktor psikologis yang biasanya sering menyebabkan terjadinya gangguan psikosomatis antara lain :
    - Perasaan tertekan
    - Stres
    - Depresi
    - Kecemasan akan sesuatu
    - Takut
    - Phobia
  9. Terjadi tumor pada rongga hidung
    Tumor merupakan suatu pertumbuhan benjolan yang tidak normal, yang dalam hal ini muncul dan tumbuh pada bagian rongga hidung. Ketika tumor menjadi semakin membesar, maka tumor tersebut dapat menyebabkan beberapa hal, antara lain :
    - Menutup saluran pernapasan
    - Menekan pembuluh darah hingga pecah
Nah, itulah beberapa penyebab mimisan yang biasa terjadi oleh kebanyakan orang. Adapun untuk cara mengatasinya anda hanya cukup dengan menggunakan bahan herbal alami yang sudah dipercaya sejak dulu yakni daun sirih.

Cara mengatasi mimisan dengan daun sirih


1. Gunakan 1 lembar daun sirih yang digulung dan ditekan hingga mengeluarkan sedikit minyak.
2. Kemudian tutup lubang hidung yang berdarah dengan daun sirih dan biarkan selama lebih dari 5 menit. Ini akan membuat perdarahan cepat berhenti.

Nah, itulah ulasan tentang  Penyebab Mimisan dan Bagaimana Cara Mengatasinya dan ternyata cukup mudah bukan? Semoga bermanfaat!

Apa Penyebab Mimisan dan Bagaimana Cara Mengatasinya? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Landongku

0 komentar:

Post a Comment