Sunday, July 31, 2016

Daftar Makanan Untuk Menurunkan Kolesterol

Makanan untuk menurunkan kolesterol, Jika seseorang memiliki kadar kolesterol yang normal tentu saja tidak akan menjadi sebuah masalah. Namun, bagaimana jika memiliki kadar kolesterol tinggi? Tentu saja ini akan memjadi sebuah masalah apalagi berbagai macam penyakit dapat diakubatkan oleh tingginya kadar kolesterol seperti Penyakit Jantung Koroner, Jantung Lemah dan masih banyak yang dapat ditimbulkan jika seseorang memiliki kadar kolesterol yang tinggi didalam tubuhnya.

Kolesterol tinggi merupakan masalah yang disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat, seperti terlali banyak mengkonsumsi makanan yang memiliki lemak dan gula. Sehingga, menjaga pola makan merupakan hal yang wajib, guna terhindar dari masalah kolesterol.

Daftar Makanan Untuk Menurunkan Kolesterol

Adapun beberapa makanan yang perlu dihindari jika seseorang ingin terhindar dari kolesterol tinggi, diantaranya biskuit, cake dan makanan yang memiliki lemak yang tinggi. Selain itu, dari sekarang anda harus menerapkan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki vitamin dan nutrisi serta kaya akan gizi.

Inilah Penyebab Kolesterol Tinggi

Diet Tak Sehat
Sebaiknya Anda menghindari konsumsi lemak jenuh dalam porsi berlebih karena apabila kebiasaan ini terus dilakukan maka kadar kolesterol dapat meningkat dengan drastis. Jenis lemak jenuh ini pada umumnya dapat ditemukan pada makanan seperti daging, keju dan mentega.

Selain itu makanan-makanan junkfood juga biasanya memiliki kadar lemak jenuh yang cukup tinggi. Sebisa mungkin konsumsi lemak jenuh harus dibatasi agar kadar kolesterol dalam tubuh tetap dalam keadaan seimbang.

Faktor Genetik/Keturunan
Ternyata kadar kolesterol dalam tubuh dapat dipengaruhi dari keturunan. Maka dari itu, apabila ternyata diketahui keluarga Anda memiliki masalah kolesterol tinggi dalam tubuh, Anda harus lebih waspada dan lebih dianjurkan lagi untuk rutin memeriksakan diri ke dokter.

Seringkali, keturunan dari gen yang memiliki sejarah kolesterol tinggi memiliki tingkat resiko terserang penyakit kardiovaskular dan stroke yang lebih tinggi. Maka dari itu pemeriksaan rutin diperlukan.

Obesitas
Diketahui bahwa masalah obesitas merupakan masalah yang seringkali disebut sebagai penyebab munculnya berbagai macam penyakit pada tubuh, termasuk juga dapat memicu kadar koleterol tinggi dalam tubuh.

Oleh sebab itu, bagi Anda yang memiliki berat badan berlebih, lebih danjurkan untuk bisa menurunkan berat badan. Karena apabila obesitas terus dibiarkan atau bahkan berat badan semakin naik dapat memicu berbagai penyakit lainnya pada tubuh.

Merokok
Kebiasaan merokok merupakan kebiasaan yang kurang baik, apabila seseorang merokok maka akan berakibat kolesterol baik dalam tubuh turun dan kolesterol jahat naik. Dan pada akhirnya macam-macam penyakit bisa mengancam tubuh Anda.

Stress
Kadaan stress juga dapat memicu kolesterol tinggi, karena apabila seseorang terkena stress maka seseorang tersebut bisa saja mengkonsumsi makanan sembarangan (tidak sehat), merokok dan melakukan kebiasaan tidak sehat lainnya. Sehingga bisa memicu kadar kolesterol dalam tubuh meningkat.

Namun, anda jangan khawatir, ternyata Kolesterol tinggi ternyata dapat di atasi dengan makanan yang bisa menurunkan kolesterol berikut ini.

Daftar Makanan Untuk Menurunkan Kolesterol

1. Apel
Makanan bagi anda yang ingin menurunkan kolesterol adalah Apel. Apel dapat dijadikan salah satu makanan sehat sebagai camilan, karena jika dikonsumsi apel dapat memenuhi kebutuhan serat harian anda. Kandungan pectin pada apel merupakan jenis serat yang larut dan dapat membantu dalam menurunkan kadar kolesterol. Apel bisa dikonsumsi dengan kulitnya karena pada bagian antara kulit apel dan dagingnya terdapat zat polifenol, zat ini sejenis antioksidan yang dapat membantu dalam melindungi sel-sel yang berada dalam tubuh dari adanya perubahan dan juga radikal bebas yang bisa menjadi penyebab penyakit jantung.

2. Oatmeal
Anda pernah membaca atau mendengar bahwa Oatmeal dijadikan sebagai makanan yang dikonsumsi saat program diet? Oatmeal merupakan makanan yang mengandung serat yang larut, sehingga mampu membantu dalam menurunkan kolesterol jahat didalam darah Ketika berada dalam tubuh, serat larut dari oatmeal akan bekerja dengan bile acid kemudian asam yang berada pada sistem pencernaan akan mengeluarkannya. Nah, daripada mengkonsumsi bubur ayam untuk sarapan dipagi hari, Anda bisa menggantinya dengan menu bubur oatmeal yang kelezatannya tak kalah dengan bubur ayam.

3. Salmon
Mackerel, salmon dan sarden merupakan beberapa jenis makanan sehat yang mengandung asam lemak omega-3 dan memiliki manfaat untuk meningkatkan kolesterol baik pada tubuh, dan menjaga kadar kolesterol dalam tubuh agar tetap sehat. Dengan mengkonsumsi ikan yang mempunyai kandungan minyak sehat seperti omega-3, 2 sampai 3 kali dalam seminggu dapat membantu dalam menurunkan kolesterol. Jenis asam lemak yang dikonsumsi ini bisa mengurangi lemak-lemak yang tidak baik bagi kesehatan tubuh, seperti trigliserida dan juga resiko detak jantung tidak teratur dapat diturunkan dengan mengkonsumsi asam lemak sehat ini.

4. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan memiliki jenis yang beragam, diantaranya buncis, kacang merah, kacang polong, dan kacang panjang. Dalam jenis kacang-kacangan tersebut terdapat serat larut. Selain itu kacang-kacangan memiliki kandungan protein yang sehat, lemak yang rendah dan juga masih banyak nutrisi lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Anda bisa mengkonsumsi kacang-kacangan ini dengan mencampurnya kedalam sup atau bisa juga kukusan. 

4. Bayam
makanan selanjutnya yang bisa anda konsumsi untuk menurunkan kolesterol adalah bayam. Bayam mengandung setidaknya 13 senyawa flavonoid yang dapat menjauhkan seseorang dari berbagai penyakit seperti kanker, penyakit jantung atau bahkan osteoporosis.

5. Teh
Kandungan anti-oksidan dan kafein yang lebih sedikit dibandingkan dengan kopi membuat teh mampu menjaga kolesterol dalam tubuh tetap seimbang. Diketahui bahwa dalam secangkir kopi yang memiliki 8 ons kopi memiliki kandungan 135 mg kafein, namun pada teh hanya terdapat 30mg-40mg dalam setiap secangkirnya.

6. Terong

Kestabilan kolesterol dalam darah juga dapat dijaga dengan mengkonsumsi terong. Terong selain sehat memiliki rasa yang lezat dan dapat dibuat menjadi berbagai macam masakan. Kandungan nutrisi yang ada pada terong diantaranya serat larut, antioksidan, vitamin dan mineral penting lainnya yang bermanfaat bagi tubuh. Anda bisa mengolah terong dengan cara dikukus, dipanggang atau bisa juga sebagai bahan tambahan dalam membuat tumisan atau pasta.

7. Almond
Almond atau kacang almond merupakan jenis makanan yang rendah kolesterol dan baik untuk kesehatan jantung. Kandungan phytosterol dan juga kandungan lemak tak jenuh yang tinggi pada kacang almond bermanfaat sebagai penurun kolesterol jahat dan juga dapat menyehatkan jantung.

Nah, itulah beberapa makanan untuk menurunkan kolesterol yang bisa anda konsumsi sehingga anda terhindar dari masalah kolesterol dan juga berbagai penyakit berbahaya lain yang ditimbulkan oleh kolesterol.

Daftar Makanan Untuk Menurunkan Kolesterol Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Landongku

0 komentar:

Post a Comment