Landongku adalah blog informasi kesehatan dan Toko Herbal Online Indonesia

Apa itu Stem Cell atau Sel Punca?

Apa itu Stem Cell atau Sel Punca? Belakangan dunia kesehatan mulai memberi perhatian lebih pada terapi stem cell  yaitu hasil teknologi kesehatn terbaru dan diyakini bisa menjawab kebutuhan pengobatan indonesia di masa depan. 

Apa itu Stem Cell atau Sel Punca?


Stem Cell atau Sel Punca adalah sel yang bisa memperbanyak dirinya dan mempunyai kemampuan untuk berdiferensiasi menjadi banyak sel, karena kemampuannya ini stel cell berpotensi untuk meregenerasi  sel yang rusak atau disfungsi dalam berbagai penyakit dan potensial untuk menyembuhkan berbagai penyakit yang sulit disembuhkan.

Badan kita itu dipenuhi dengan stem cell, tugas dari stem cell itu melakukan regenerasi. Jadi, kalau terjadi luka dan sebagainya yang menyembuhkan adalah stem cell. Istimewanya stem cell adalah  melakukan booming, yakni mencari tempat-tempat yang sedang menderita. 

Yang paling banyak terdapat stem cell yakni disumsum tulang, karena sumsum tulang adalah tempat penyimpanan stem cell. Sebagai contoh ketika terjadi serangan jantung, serangan jantung ini mengeluarkan peringatan atau messenger untuk mengasih tahu kepada stem cell. Sehingga stem cell dari sumsum tulang langsung masuk ke jantung yang menderita. 

Yang istimewa lagi dari hewan amfibi yakni cicak, jika ekornya putus, yang menyembuhkan adalah stem cell. Stem cell itu lari ke daerah ekornya itu dan 3-5 hari bisa sembuh. Bahkan di Amfibi jantung digunting pun juga sembuh sendiri, yakni dengan stem cell.

Stem cell tidak berpengaruh banyak tanpa adanya bantuan dari luar. Seperti contoh ketika kita terkena penyakit, stem cell itu mencoba untuk memperbaiki. Tetapi jika lukanya sudah besar, maka tidak bisa diperbaiki atau diganti. Jika tidak diganti masih ada cara lain yakni diregenerasi dan direhabilitasi.

Seperti yang telah dipergunakan, penyakit diabetes biasanya pembuluh darah kakinya itu terpengaruh dulu seperti mampet dan sebagainya dan lukanyapun sulit disembuhkan, tetapi jika dikasih stem cell itu akan sembuh luka-lukanya. Jadi daripada diamputasi mending menggunakan stem cell, karena stem cell mempunyai manfaat yang sangat banyak sekali.

Jadi, Stem cell yang banyak dipakai adalah untuk mengobati penyakit diabetes, osteoartritis, obat jantung, bahkan penyakit degeneratif otak. Terutama bagi orang-orang yang sudah tua, karena masih banyak penyakit yang masih sulit untuk disembuhkan. Dan kemungkinan besar dengan bantuan stem cell akan sembuh. 

Namun, hingga saat ini masih banyak penyalahgunaan stem cell, seperti menggunakan sel-sel dari binatang contohnya dari kelinci, domba, rusa dan sebagainya. Tapi ini tidak bermanfaat bahkan dilarang karena lebih baik menggunakan sel manusia karena stem cell yang baik adalah stem cell dari tubuh kita sendiri.

Nah, itulah penjelasan mengenai Apa itu Stem Cell atau Sel Punca? dan mudah-mudahan bermanfaat, meskipun ulasannya masih banyak yang harus dijelaskan.